Cara Mematikan Pesan Sementara Di Wa

Pesan Sementara Di WA merupakan fitur terbaru yang dimiliki whatsapp. Fitur ini memungkinkan pesan yang terkirim akan terhapus secara otomatis. Tenang saja kamu tetap bisa memiliki opsi untuk mengaktifkanya ataupun mematikanya. Fitur chat terhapus otomatis ini sebelumnya juga telah diterapkan di messenger dan DM Instagram. Maklum saja ketiga platform ini memang berada dalam satu payung perusahaan yakni facebook inc.

Whatsapp masih menduduki sebagai aplikasi chat paling populer terutama di Indonesia. Hampir semua komunikasi jarak jauh saat ini menggunakan aplikasi tersebut. Tak hanya berbalas chat saja namun juga untuk video call, mengirim file, dokumen ataupun foto. Tak heran jika penggunanya sudah jutaan yang tersebar di seluruh dunia.

Dengan tingkat penggunaan yang tinggi, membiarkan pesan yang terlalu lama tentu membuat space memori kian terkuras. Apalagi kalau dalam bentuk foto ataupun video. Tanpa kerasa, sudah ada bergiga giga file yang menumpuk di aplikasi whatsapp. Alhasil ponselpun jadi lemot karena sisa memori internal terpangkas habis. Menghapus satu persatu bisa saja dilakukan, namun terkadang hal itu terasa malas. Oleh karenanya sekarang whatsapp memiliki fitur baru yakni pesan sementara untuk mengatasi hal tersebut.

Apa Itu Pesan Sementara Whatsapp?

Pesan sementara merupakan sebuah fitur dimana pesan/ chat yang kamu kirimkan hanya bersifat sementara. Artinya pesan tersebut akan terhapus secara otomatis oleh sistem yang ada di WA. Dalam hal ini whatsapp memberikan durasi 7 hari. Jadi setelah satu minggu pesan tersebut akan hilang. Lalu gimana dong kalau ada pesan pesan yang penting? Tenang saja kamu tetap bisa menyimpan pesan pesan penting kok dengan cara mematikan pesan sementara WA tersebut. Adapun caranya, kami jelaskan dibawah.

Baca Juga:  Cara Menyimpan Video Reels Dengan Musik Ke Galeri

Kegunaan Pesan Sementara WA

Tentunya ada sejumlah keuntungan yang didapat setelah mengaktifkan fitur terbaru ini. Gak mungkin dong whatsapp memberikan fitur yang secara fungsional gak penting. Lalu apa fungsi atau kegunaanya? berikut beberapa diantaranya

  • Tak ada lagi pesan yang nggak penting
    Seperti yang dijelaskan tadi, pesan pesan yang tidak penting hanya akan membebani ponsel karena memakan space memori. Dengan adanya fitur ini pesan pesan yang unfaedah bisa terhapus secara otomatis.
  • Jadi fast respon
    Terkadang ketika kita mau membalas pesan jadi slowres karena banyaknya chat chat yang menumpuk. Dengan menyisakan pesan yang penting penting saja, maka kamu jadi makin fast responn.
  • Gak ketahuan selingkuh
    Kalau yang ini jangan ditiru ya. Namun secara fungsional, kalau kamu tidak mau chat seseorang terbaca oleh orang lain saat mengecek hpmu, maka fitur ini bisa membantu.
  • Wa jadi enteng
    Bagi pengguna hp kentang, seringkali saat membuka whatsapp jadi agak lola. Salah satu penyebabnya adalah chat chat lama yang menumpuk. Lain halnya kalau chat chat lama tersebut terhapus sendiri.

Cara Mengaktifkan Dan Mematikan Pesan Sementara Di WA

Perlu diketahui, fitur ini bisa diterapkan pada setiap kontak. Jadi kamu bisa memilih, kontak mana yang akan diaktifkan dan kontak mana yang tidak perlu menggunakan fitur tersebut. Adapun caranya adalah sebagai berikut

  1. Pertama tama silahkan update dulu ke versi terbaru, jika kamu belum mendapatkan fitur yang satu ini.
  2. Jika sudah buka WA lalu cari kontak yang ingin kamu aktifkan pesan sementaranya.
  3. Buka profilnya lalu scroll ke bawah. Nantinya kamu bakal menemukan menu “pesan sementara” atau “disappearing messages”

    fungsi pesan sementara whatsapp
    fungsi pesan sementara whatsapp

    cara mengaktifkan pesan sementara whatsapp
    cara mengaktifkan pesan sementara whatsapp
  4. Pilih menu tersebut, dan nanti ada opsi on dan off

    cara mematikan pesan sementara di WA
    cara mematikan pesan sementara di WA
  5. Untuk memastikanya, kamu bisa test dengan cara chat. Nanti akan ada notif bahwa pesan yang dikirimkan akan hilang setelah tujuh hari.

Demikian tadi cara mengaktfikan dan mematikan pesan sementara di WA. Gimana menurut kalian? apakah fitur ini penting atau justru tidak? Tentu setiap orang memiliki jawaban yang berbeda beda dengan alasanya sendiri.

Baca Juga:  Cara Membuat Pertanyaan Di IG Story Yang Viral