Fungsi Dan Cara Power Ink Flushing Printer Epson

Power Ink Flushing adalah fitur yang ada pada printer epson seri L210 dan diatasnya. Sedangkan untuk seri sebelumnya seperti L110, belum dibekali fitur tersebut. Akan tetapi disana ada power cleaning. Adapun fungsinya adalah untuk mengatasi beberapa permasalahan yang biasa terjadi seperti hasil cetakan bergaris atau bahkan tinda tidak keluar. Untuk lebih memahaminya, silahkan baca ulasan kali ini sampai selesai

Dalam penggunaanya, sebuah printer tidak akan terus menghasilkan cetakan yang sempurna. Meskipun printer epson dikenal akan kualitas dan ketahananya, namun tetap saja tak lepas akan terjadinya error atau masalah. Apalagi kalau sudah digunakan untuk mencetak ribuan lembar.

Beberapa masalah yang biasa terjadi adalah cetakan bergaris, cetakan tidak jelas, putus putus atau cartride tidak mengeluarkan tinta. Masalah masalah seperti itu umumnya disebabkan oleh tinta yang tidak bisa keluar dengan smpurna. Adapun penyebabnya bermacam macam seperti masuk angin, tinta mengering atau mungkin tinta didalam tank sudah habis.

Bagi awam, mungkin akan langsung membawa printernya ke tukang service. Namun sebenarnya kamu bisa melakukan service sendiri seperti cleaning printer epson dirumah. Hal itu bisa kamu lakukan berkat adanya fitur Power Ink Flushing. Akan tetapi sebelum melakukan cara ini, silahkan periksa secara fisik terebih dahulu. Salah satunya adalah memeriksa tinta dalam tampungan. Cek juga diselang infusnya apakah ada tinta yang mengering atau tidak.

Fungsi Power Ink Flushing Pada Printer Epson

Mungkin diantara kalian masih belum mengerti apa itu power ink flushing pada printer epson. Ini adalah fitur untuk proses cleaning ataupun pembersihan head printer yang kekuatanya 3x lipat dibanding head cleaning biasa.

Baca Juga:  Mengatasi Masa Bantalan Printer Telah Berakhir Epson l3110, l360, l310 dll

Fungsi atau kegunaanya diantaranya untuk membersihkan tinta yang macet atau mengering hingga mengeluarkan gelembung udara pada sistem. Akan tetapi yang perlu kamu ketahui, proses ini akan membuang tinta banyak. Selain itu jika dilakukan terlalu sering membuat catridge jadi lemah. Maka dari itu lakukan seperlunya saja dan lakukan pada saat benar benar membutuhkan.

Cara Melakukan Power Ink Flushing Printer Epson

Cara ini bisa kamu lakukan pada beberapa seri printer epson seperti L1800, l360, l405,l805 dll. Pertama tama kamu bisa hidupkan printer dan hubungkan dengan komputer maupun laptop. Kalau sudah lanjutkan dengan beberapa langkah berikut:

  1. Buka tray icon yang ada di pojok bawah kanan layar
  2. Klik pada tanda printer, lalu pilih printer setting.
  3. Pilih menu maintenance, dan akan ada sejumlah pilihan seperti head cleaning, nozzle check dll.
  4. SIlahkan pilih power ink flushing

    cara power ink flushing printer epson
    cara power ink flushing printer epson
  5. Tunggu saja sampai prosesnya selesai.

    tunggu prosesnya
    tunggu prosesnya
  6. Matikan printer dan diamkan selama 12 jam.

Ada treatmen khusus yang sebaiknya kamu lakukan setelah melakukan power cleaning. Jadi jangan gunakan untuk ngeprint setelahnya, setidaknya diamkan dulu printer dalam keadaan off selama 12 jam.

Akhir kata

Nah, demikian tadilah cara power ink flushing pada printer epson. Dengan adanya fitur ini kamu bisa mengatasi sejumlah permasalahan secara mudah tanpa harus membawa ke tukang service. Namun jika sudah melakukan hal diatas masalah tidak juga teratasi baru dibawa ke tukang service. Mungkin ada part atau komponen yang rusak.