Pieter Nooten Pemakan baso mercon

Signal App Vs Whatsapp, Cek Kelebihan Dan Kekurangnya

Signal App Vs Whatsapp bagus mana

Signal App Vs Whatsapp menjadi perbincangan para netizen tanah air beberapa waktu belakangan ini. Aplikasi buatan signal foundation tersebut, disebut sebut sebagai aplikasi pengganti whatsapp. Tak heran jika kemudian banyak mulai membandingkan keduanya mulai kelebihan, kekurangan juga fitur fitur yang dimiliki. Untuk itu kali ini kami coba berikan komparasi kedua aplikasi perpesanan tersebut. Simak baik baik penjelasanya dibawah

Aplikasi perpesanan dalam beberapa tahun terakhir ini masih dikuasi oleh Whatsapp utamanya di Indonesia. Dengan ukurangan yang ringan dan menu menu yang simpel, membuat aplikasi milik facebook inc ini digemari oleh berbagai kalangan. Kendati demikian, ada beberapa kekurangan WA yang selama ini jadi kendala. Misalnya kapasitas group yang terbatas, ukuran maksimal file yang bisa dikirim cukup kecil hingga masalah keamanan data pribadi. Oleh sebab itu beberapa orang mulai mencari aplikasi pengganti whatsapp.

Aplikasi Signal menjadi aplikasi percakapan yang mulai dilirik belakangan. Meski sebenarnya sudah diluncurkan sejak tahun 2013 silam, namun mulai ramai baru baru ini. Bahkan pada 11 januari 2021 lalu, mencatatkan rekor baru yakni 1,3 juta unduhan global di app store. Raihan tersebut menempatknya sebagai aplikasi gratis nomor satu di App Store.

Apa Itu Signal App Dan Buatan Mana?

Aplikasi signal adalah aplikasi perpesanan sama fungsinya seperti Whatsapp, Line, ataupun Telegram. Dimana pengguna bisa mengirim pesan, melakukan panggilan suara/video dan juga membuat sebuah grup obrolan. Ada pula fitur fitur untuk mengirim stiker, foto, dan juga transfer file. Signal App menawarkan grup obrolan dengan kapasitas mencapai 1000 orang dan juga panggilan grup sampai 8 orang.

Baca Juga:  Jadwal Jam Uploud Reels Instagram Biar Cepat Viral

Enkripsi end to end adalah fitur andalanya yang membuatnya mendadak popular. Kebijakan privasi WA dimana bisa berbagi banyak data dengan aplikasi facebook dan sejumlah masalah privasi lain membuat banyak orang mencari alternatif lain. Salah satunya adalah signal dimana aplikasi ini merupakan aplikasi perpesanan terenkripsi yang artinya, perusahaan tidak dapat mengakses pesan, panggilan atau data apapun dari pengguna. Jika kamu bandingkan signal app vs whatsapp dari sisi keamanan data jelas, signal lebih unggul.

kelebihan signal app
kelebihan signal app

Aplikasi Signal tidak dimiliki oleh perusahaan besar, namun hanya dikembangkan oleh yayasan nirlaba serta didanai dengan donasi. Bahkan pemilik signalpun tidak mencoba untuk menghasilkan uang dari aplikasinya tersebut. Jika ditanya signal buatan mana? Maka ada baiknya untuk mengetahui latar belakangnya terlebih dahulu.

Pada 2018 lalu, Brian Acton yang merupakan mantan pendiri Whatsapp keluar dari perusahaan dan bergabung dengan Signal foundation. Ia tak sepakat dengan rencana facebook yang menghasilkan uang dari WA. Facebook ingin mengejar iklan digital dimana harus mengumpulkan data pengguna. Akhirnya ia memutuskan untuk keluar dan menyuntikan dana sebesar US$50 untuk mengembangkan aplikasi signal. Brian acton sendiri merupakan programer komputer dan pengusaha internet yang berasal dari Amerika Serikat.

Cara Menggunakan Signal

Aplikasi ini tersedia secara gratis dan bisa diunduh di play store ataupun app store. Untuk menggunakanya kamu perlu mendaftarkannya dengan nomor telepon yang masih aktif. Tak jauh beda dengan WA, nomor telepon juga digunakan sebagai tanda pengenal. Signal juga tersedia untuk versi dekstop baik itu di Windows, Mac maupun Linux.

Kelebihan Aplikasi Signal

Seperti yang dijelaskan tadi, fitur keamanan memang menjadi kelebihan signal app. Dukungan end to end encryption pada semua fiturnya memberikannya keamanan data yang lebih baik dibandingkan  whatsapp ataupun telegram.

Baca Juga:  Cara Mengarsipkan IGTV Tanpa Menghapus

Dari sisi back up, signal juga bisa transfer backup P2P di perangkat iOS dan manual untuk Android. Kemudian ada fitur screen security dimana aplikasi tidak akan menampilkan preview di luar aplikasi. Pengguna juga bisa menggunakan pin untuk membuka aplikasi.

Signal App Vs Whatsapp Vs Telegram

Ketiga aplikasi perpesanan ini memang sedang hangat diperbincangkan. Dengan fitur yang mirip mirip tapi ada beberapa perbedaanya. Oleh sebab itu banyak yang membandingkan antar ketiganya. Berikut detail dan penjelasan lengkapnya

signal app vs whatsapp vs telegram
signal app vs whatsapp vs telegram

Keamanan

Sebenarnya ketiganya sudah terenkripsi namun hanya signal yang menerapkan end to end encryption pada semua fiturnya. Sedangkan pada telegram hanya diterapkan pada fitur secret chat saja. Sementara itu kebijakan baru WA, membuatnya berbagi meta data dengan facebook.

Group Member

Di menu ini, whatsapp menjadi yang paling lemah karena hanya bisa menampung 256 anggota. Sedangkan signal bisa 1000 anggota dan telegram bisa mencapai 200.000 anggota.

Jumlah pengguna

Yang namanya aplikasi perpesanan tentu saja butuh jumlah pengguna yang banyak. Dalam artian sebagus apapun aplikasi tersebut, kalau teman teman kita gak banyak yang menggunakanya ya sama saja gak berguna. Sampai saat ini Whatsapp masih menjadi di urutan pertama, khususnya di Indonesia.

Dukungan Platform

Ketiganya sudah tersedia di platform Android maupun Ios. Begitu juga untuk versi web dimana bisa dibuka via windows ataupun Mac OS.

Demikian tadi komparasi signal app vs whatsapp vs telegram. Semoga bisa jadi pencerahan. Kelebihan signal app yang utama adalah pada keamanan datanya. Untuk lebih jelasnya silahkan download langsung aplikasinya di play store ataupun app store.

Pieter Nooten Pemakan baso mercon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *