Cara Mengarsipkan IGTV Tanpa Menghapus

Banyak yang belum tahu bagaimana cara mengarsipkan IGTV tanpa menghapusnya. Pantas saja karena ketika kita membuka video igtv yang telah kita uploud tidak ada pilihan arsip seperti halnya yang biasa kita temui pada feed/ post instagram. Lantas, apakah IGTV bisa di arsip? ternyata hal itu tetap bisa dilakukan lho. Mau tahu caranya? yuk simak ulasan kali ini sampai selesai.

Pada dasarnya mengarsipkan adalah langkah untuk menyembunyikan IGTV tersebut dari follower kita tanpa harus menghapusnya. Sehingga yang bisa menonton adalah diri kita sendiri. Ada beberapa alasan pengguna mengarsipkan postingan igtv. Mulai dari salah uploud video, informasi yang sudah tidak relevan, takut disalah gunakan dan alasan alasan lainya.

Nah sebelum kami berikan tutorialnya, yuk pahami dulu fakta seputar IGTV berikut ini.

Cara Menggunakan IGTV

IGTV sendiri merupakan layanan instagram yang memperbolehkan seorang pengguna untuk mengunggah video dalam durasi panjang. Maka dari itu banyak influencers, brands, dan sejumlah public figur yang memanfaatkan layanan tersebut untuk kepentingan tertentu.

Secara format video, IGTV ini sama dengan insta story yang mana sama sama menggunakan format video vertikal. Perbedaanya adalah hanya pada durasi video saja yang lebih panjang. Untuk akun biasa durasinya bisa mencapai 10 menit. Sedangkan bagi para kreator yang memiliki banyak follower diberikan akses hingga 1 jam.

Adapun untuk menggunakan IGTV ini bisa langsung pada aplikasi instagram atau download aplikasi IGTV yang tersedia di app store maupun play store. Sebelum di unggah pastikan ulu format videonya adalah MP4 dan berbentuk vertikal (rasio 4:5 dan maksimal 9:16). Untuk ukuran file maksimal adalah 650 mb (durasi 10 menit) serta 5,4 Gb (durasi 1 jam).  (baca juga: cara tag di IGTV)

Baca Juga:  Apa Itu Aplikasi BIP Dan Cara Menggunakanya

Cara Mengarsipkan IGTV Di Instagram 2021

Udah berhasil diuploud, ternyata video yang diunggah berbeda dari yang kita inginkan. Mau di hapus kok sayang, karena sudah memakan waktu dan kuota internet yang tidak sedikit. Maka dari itu kamu bisa mengarsipkan video di igtv tersebut.

Sayangnya memang kita tidak bisa menemukan menu arsipkan seperti halnya pada postingan biasa. Yang ada hanya hapus, edit dan juga hapus dari kisi profil. Lantas bagaimana cara menyembunyikan IGTV dari halaman profil tanpa harus menghapusnya? berikut ini langkah langkah yang bisa kamu lakukan

  1. Buka instagram, lalu buka halaman profilmu
  2. Pilih video IGTV yang sudah berhasil kalian uploud
  3. Kemudian kamu bisa save/ simpan IGTV tersebut melalui tombol yang tersedia (bawah kanan video)
  4. Selanjutnya klik titik tiga di pojok kanan atas
  5. Pilih hapus dari kisi profil

    hapus dari kisi profil instagram
    hapus dari kisi profil instagram
  6. Selesai, videomu sudah hilang dari profil namun bisa kamu temukan pada postingan tersimpan.

Cara Mengembalikan IGTV ke Feed Instagram

Sampai saat ini memang belum ada fitur arsipkan pada video IGTV seperti halnya yang ada di post foto/video. Cara diatas adalah trik saja, secara fungsi berbeda dengan fitur arsipkan pada post foto/video. Namun kamu masih bisa mendownloadnya dan disimpan ke galeri ponsel.

Adapun untuk mengembalikan video IGTV yang sudah terhapus adalah sebagai berikut:

  1. Buka pengaturan akun instagram
  2. scroll ke bawah dan temukan baru saja dihapus
  3. Klik IGTV, pilih video yang terhapus
  4. Pilih titik 3 lalu pulihkan

    Cara Mengembalikan igtv yang terhapus ke feed
    Cara Mengembalikan igtv yang terhapus ke feed
  5. Selesai

Namun yang harus kamu ketahui, video yang terhapus lebih dari 1 bulan / 30 hari tidak bisa di kembalikan lagi.

Akhir Kata

Nah demikian tadilah trik cara mengarsipkan IGTV di instagram. Sekarang kamu bisa menyembunyikan video tersebut dari followermu. Jika dibutuhkan kamu bisa download kembali dari menu saved instagram.

Baca Juga:  Solusi Kenapa Foto Di Instagram Tidak Bisa Disimpan Di Galeri